Written by Putri Nurleli
gallery
3

Medan –  Rapat Bulanan bulan Desember 2022 Pengadilan Tinggi Medan telah dilaksanakan pada Jumat, 16 Desember 2022 bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Tinggi Medan. Rapat Bulanan ini dimulai dengan pembacaan doa oleh Bapak Rivai, SH. Rapat Bulanan ini dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Medan Bapak Dr. Drs. H. Panusunan Harahap, SH., MH yang diikuti oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Medan Bapak Dr. Herdi Agusten, SH., M.Hum, seluruh Hakim Tinggi, Hakim Adhoc, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Karyawan dan Karyawati Pengadilan Tinggi Medan serta Tenaga PPNPN Pengadilan Tinggi Medan.

Beberapa hal penting yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Medan Bapak Dr. Drs. H. Panusunan Harahap, SH., MH yaitu :

  1. Mengingatkan kembali tentang Disiplin Kerja Hakim, Panitera dan Jurusita serta Aparatur Peradilan :
  • PERMA Nomor 7 Tahun 2016 tentang penegakan disiplin kerja Hakim pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya, khususnya Pasal 4 tentang jam kerja dan istirahat bagi Hakim dan Aparatur Peradilan.
  • PERMA Nomor 8 Tahun 2016 tentang pengawasan dan pembinaan atasan langsung di lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya.
  • PERMA Nomor 9 Tahun 2016 tentang pedoman penanganan pengaduan (Wisthleblowing System) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya.
  • MAKLUMAT KMA RI Nomor 01/MAKLUMAT/KMA/IX/2017 tentang pengawasan dan pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya.
  • Kode Etik Hakim, Panitera dan Jurusita serta Aparatur Peradilan.
  1. Surat Edaran SEKMA Nomor 13 Tahun 2019 tentang pelaksanaan cuti bagi Hakim dan Aparatur di lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya.
  2. PP Nomor 94 Tahun 2021 Pasal 11 Ayat 2 tentang hukuman disiplin berat.
  3. SEMA Nomor 6 Tahun 2011 tentang pembinaan Hakim Non Palu.
  4. Hasil Rapat Koordinasi KPT seluruh Indonesia dengan DIRJEN BADILUM dan KABAWAS serta Pimpinan Mahkamah Agung di Yogyakarta tanggal 11 s.d 13 Desember 2022 bertempat di Hotel Gran Inna.
  5. Hasil dari pelakasanaan MUNAS IKAHI di Bandung
  6. Hasil dari pelaksanaan Tournamen Piala Ketua Mahkamah Agung / PTWP di Semarang (yang disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Medan Bapak Dr. Herdi Agusten, SH., M. Hum).

Rapat diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh peserta rapat kepada pemimpin rapat Ketua Pengadilan Tinggi Medan Bapak Dr. Drs. H. Panusunan Harahap, SH., MH.

4