Asessment SIPP Tingkat Banding pada Pengadilan Tinggi Medan


22 Okt 2018 | 09:04:40 , Posted in Berita, Tri Mayanthi Sinaga, S.I.Kom, 121 Hits

Selasa (16/10/2018), Pengadilan Tinggi Medan menyambut kedatangan Tim Pengembangan dan Penyempurnaan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Tingkat Banding di Medan. Tim SIPP Tingkat Banding berjumlah 6 orang yaitu Sdr.  Pudji, Hendra, Jeffri,  Ryan, Robby dan Aditya.

Tim berkunjung ke Pengadilan Tinggi Medan pada hari Selasa, tanggal 16 Oktober 2018 sekitar pukul 09.00 WIB. Kedatangan Tim disambut baik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Medan, Cicut Sutiarso didampingi Bukaeri, SH, MM. (Panitera), Drs. Darwis, M.Eng. (Sekretaris), Dra. Mariana Siahaan, SH, MH (Kabag. Perencanaan dan Kepegawaian), Effendi Siregar, SH, MH (Kabag. Umum dan Keuangan), Andri Pramono, S.Kom., M.Si (Kasubbag. Kepegawaian dan TI) dan T. Jansen Tampubolon, ST (Kasubbag. Tata Usaha dan Rumah Tangga).

Setelah beramah tamah dengan pimpinan PT Medan, dan Tim menyampaikan maksud kedatangannya  melakukan assessment, meminta masukan dan klarifikasi untuk penyempurnaan SIPP tingkat banding yang selama ini tertinggal jauh dari SIPP tingkat pertama. Lalu Tim didampingi Panitera dan Panmud menuju ruang pertemuan untuk menyampaikan sosialisasi, menerima masukan dan melihat langsung penerapan SIPP di tingkat banding.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Panitera, Panitera Muda dan Kasubbag Kepegawaian dan TI Pengadilan Tinggi Medan. Acara dibuka oleh Panitera, kemudian kepada Tim dipersilakan menyampaikan sosialisasi, assessment dan perkembangan SIPP tingkat banding. Secara bergantian Tim menyampaikan perkembangan SIPP tingkat banding, oleh karena membutuhkan masukan untuk penyempurnaan SIPP tersebut maka Tim turun dan berdialog langsung dengan pelaksana dan pengguna SIPP tingkat banding. Tim juga ingin mendengar keluhan dan permasalahan yang timbul dalam penerapan/implementasi SIPP tersebut.

Secara bergantian mulai dari Panitera, Panitera Muda dan Tim IT menyampaikan permasalahan dan masukan untuk kesempurnaan SIPP tingkat banding.

Beberapa permasalahan dan masukan yang disampaikan demi penyempurnaan SIPP tingkat banding adalah :

  1. Jika perkara banding dicabut di PN, maka untuk kolom pencabutan di SIPP Pengadilan Tinggi belum ada kolom sendiri, sehingga untuk mengosongkan SIPP tingkat banding, harus lapor ke admin SIPP MA.
  2. Penomoran perkara lingkungan hidup di SIPP masing muncul menjadi Pid.B, padahal sesuai SK No. 44/2014, kodenya adalah nomor : …./Pid.Sus-LH/20…/PN…
  3. Nomor register perkara banding belum berurutan, agar dibuat berurutan sehingga memudahkan;
  4. Pada menu riwayat, perkara sudah sampai minutasi, namun tidak seluruh kegiatan input terekam dalam riwayat;
  5. Agar dibuat menu/template form surat pendaftaran/registrasi perkara banding, surat pemberitahuan kekurangan berkas dan pengiriman bundle A dan salinan putusan PT;
  6. Agar putusan banding bisa konek langsung ke direktori putusan MA sehingga tidak mengupload kembali ke direktori putusan;
  7. Agar dilengkapi template penetapan penunjukan majelis dan panitera pengganti, penetapan hari siding an berita acara penundaan sidang.

Semua usulan tersebut telah dirangkum oleh Tim SIPP Pusat dan langsung ditindaklanjuti.

Link Terkait

Hubungi Kami

Anda dapat menghubungi kami bagi anda pencari keadilan melalui kontak berikut :

  • Telp : (061) 88360055
     
  • Fax : (061) 88360056
     
  • Email:
    pt.medan@gmail.com
  • Alamat:
    Jalan Ngumban Surbakti
    Sumatera Utara, Indonesia,